Sunday, August 7, 2011

Cara menahan rasa lapar

Kali ini saya akan membeberkan pengalaman menahan lapar, pengalaman siapa? Ya pengalaman saya donk.. Ada dua sebab kenapa orang menahan lapar, yang pertama adalah karena memang sedang tidak memiliki uang untuk membeli makan dan kedua dikarenakan malas untuk makan, mungkin karena makanan yang tersedia tidak enak atau malas keluar rumah untuk membeli makan. Persamaannya, keduanya sama-sama lapar.

Menahan lapar baik yang coba-coba menahan lapar maupun yang sudah terbiasa menahan lapar tetap saja ada rasa tidak enak atau sakit di daerah sekitar ulu hati, kalau kita tengok itu pasti lambung kita yang sakit.

Sebelumnya, dalam berbagi pengalaman ini saya bukan mau menyarankan siapa saja yang membaca untuk menahan lapar, tetapi lebih kepada cara menahan lapar secara efektif dan sehat. Makan itu hal substansial utama dalam hidup loh, jadi harus dijaga betul.

Gosok Gigi Dapat Menahan Lapar

Paling sering saya lakukan di pagi hari adalah menggosok gigi. Sebelumnya, tidak saya sadari bahwa menggosok gigi dapat mengurangi rasa lapar sekaligus sakit karena lapar.

Pertama-tama saya begitu saja menggosok gigi tanpa menghiraukan apa pun. Namun, pada suatu saat saya temukan kok kalau menggosok gigi jadi tidak nafsu makan alias mulut menjadi segar.

Selama ini pasta gigi yang saya gunakan mengandung efek segar mungkin mint. Belakangan ini, setiap bangun pagi saya tidak langsung mandi, tetapi bermain komputer terlebih dahulu mandinya tiga jam kemudian. Di sela-sela itu saya merasakan lapar yang sangat amat, saya pun menguatkan niat untuk mandi dan keluar membeli makan. Namun apa yang terjadi? Setelah mandi rasa lapar dan rasa sakit yang ditimbulkan berkurang drastis.

Setelah itu saya malah bermain komputer lagi selama kurang lebih 1-2 jam setelah itu barulah terasa lapar lagi. Pada saat itulah saya langsung mencari makan, masa iya gosok gigi lagi.

* Saya pernah coba mandi dulu, gosok gigi belakangan dan ternyata saya tetap merasa lapar. Dari sinilah saya mengambil kesimpulan bahwa menggosok gigi dengan pasta gigi yang ada efek segar (mint) dapat menahan lapar sejenak. Sepengalaman saya, tidak ada masalah kesehatan yang ditimbulkan dari praktek ini.
Minum Pengurang Rasa Lapar

Setelah mandi dan gosok gigi saya pun mengkombinasikan strategi menahan lapar dengan minum air, air matang ya:!: Air minum yang tidak dingin dan tidak panas, yang sedang-sedang saja, diterima lambung dan tenggorokan saya dengan rasa yang segar. Seperti ada efek dingin. Terasa sekali kalau ada air lewat di tenggorokan dan masuk ke lambung.

Tidak seefektif menggosok gigi, dengan minum air putih paling saya hanya bertahan lapar selama 15-30 menit, setelah itu harus mimun air lagi kalau ingin menahan lapar kembali.

Kalau minum minuman yang ada serealnya bisa bertahan sampai 2-3 jam, tetapi tetap saja kalau tiap hari seperti ini tidak bagus untuk kesehatan, nanti jadi lemas karena kurangnya asupan karbohidrat dan protein.

Menahan lapar boleh saja tapi jangan tiap hari. Usahakanlah makan ketika lapar, jangan ditunda-tunda sampai 5 jam, karena dapat memberikan efek pusing, lemas, dan berkunang-kunang.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...